Translate

Thursday 13 August 2015

Sejarah Minamoto no Yoshitsune

Shanaou Yoshitsune sejatinya adalah sosok jenderal legendaris dari Jepang yang bernama asli Minamoto no Yoshitsune. Kehidupannya amatlah berarti dalam sejarah perkembangan Jepang.

Dari awal kehidupan sampai kematian dan setelahnya telah banyak memberikan pengaruh bagi Jepang. Tentu saja juga dalam sejarah jepang setelah kematian Shanaou Yoshitsune.
Awal kehidupan Shanaou Yoshitsune atau Minamoto no Yoshitsune adalah dilahirkan sebagai putra kesembilan dari klan keluaraga samurai. Hanya saja, ayahnya terbunuh dalam sebuah pemberontakan yang dinamakan dengan pemberontakan Heiji.
Setelahnya, ia diselamatkan dan dibesarkan di sebuah kuil bernama kuil Kurama. Di tempat inilah ia dibesarkan dan mendapatkan keahlian dalam hal bertarung dan juga keahlian memainkan samurai.

Lambat laun, Minamoto no Yoshitsune tumbuh menjadi pemuda yang sangat mahir bermain pedang dan juga samurai. Iapun banyak terlibat di berbagai perang ataupun melawan pemberontakan yang terjadi di Jepang pada saat itu. Sebut saja pemberontakan zaman Jisho Juei.
Dengan semua hal ini maka semakin menampilkan nama Minamoto no Yoshitsune dan kemahirannya dalam bermain pedang di kancah peperangan Jepang. Sehingga singkat cerita, iapun menjadi seorang jenderal.
Ada dua versi yang menyatakan cerita kematian Minamoto no Yoshitsune. Yang pertama adalah ia dibunuh oleh kakaknya sendiri. Yang kedua, ia bunuh diri setelah membunuh anak dan istrinya ketika semuanya berada di dalam sebuah kepungan di dalam kuil.

Kematian dari Minamoto no Yoshitsune memang memberikan beberapa dampak bagi perkembangan Jepang. Salah satunya adalah berkembangnya mitos mengenai kegagahan dan kesempurnaan dari diri Minamoto no Yoshitsune. Bahkan dapat dikatakan apa yang ada di dalam mitos tersebut melebihi apa yang sejatinya ada di dalam diri Minamoto no Yoshitsune.
Selain itu, dalam hal sastra, telah banyak diciptakan manga ataupun karya sastra yang lain dengan mengangkat tema kepahlawanan dari diri Minamoto no Yoshitsune.

Dapat diakui bahwa sosok Minamoto no Yoshitsune begitu melekat dalam diri masyarakat Jepang dan menjadikan dirinya sebagai sosok pahlawan yang terus dikenang dan tak terlupakan.
Itulah bagaimana penjelesan mengenai sejarah Jepang setelah kematian dari Shanaou Yoshitsune atau Minamoto no Yoshitsune.

No comments:

Post a Comment