Translate

Tuesday 11 August 2015

Orpheus "Master Of Strings"

Dalam mitologi Yunani, Orpheus adalah putra raja Thracian Oeagrus dan dewa Calliope (beberapa versi mengatakan ayah Orpheus adalah dewa Apollo). Apollo sangat menyayangi Orpheus, suatu hari Apollo memberinya alat musik kecapi emas kecil, Orpheus dengan cepatnya belajar dan menguasai kecapi emas kecil yang diberikan ayahnya tersebut. Orpheus sangat terampil dalam menciptakan music, sehingga ia dipanggil atau diberi julukan "Master of Strings" dan "Father of Songs", ia mampu menciptakan musik sedemikian rupa sehingga bahkan bebatuan dan hewan pun bisa ikut menari jika mendengar lantunan musiknya.

Setelah kematian istrinya, Eurydice, Orpheus begitu putus asa lalu menyanyi dengan sedih nya dan membuat para peri dan dewa-dewa menangis. Suatu saat ia pergi menuju Underworld, ia menggunakan musiknya untuk melunakkan hati Hades dan Persephone, agar mengijinkan dia untuk membawa istrinya kembali ke dunia dengan syarat ia harus berjalan di depan dan tidak boleh menengok ke belakang sampai mereka berdua tiba di permukaan (dunia atas). Mereka pun berjalan menuju permukaan dengan Orpheus berjalan di depan Eurydice. Karena cemas, Orpheus pun akhirnya menengok ke belakang, dan melihat istrinya menghilang, kali ini istrinya menghilang untuk selamanya.

Pada saat kematiannya, Orpheus telah menjadi murtad, memandang rendah semua dewa kecuali Apollo sebagai rasa terima kasih karena telah memberikannya kecapi emas sewaktu ia masih kecil. Pada saat kematiannya itu, tubuh Orpheus terpecah belah oleh Maenads Dionysian (meskipun menurut versi lain, ia terpecah belah karena menolak untuk berpartisipasi dalam pesta pora, mabuk-mabukan (dan sering makan daging manusia), karena masih berduka akan kekasihnya yang hilang), hanya kepalanya dan kecapinya yang tersisa. Kepalanya melayang menuruni Hebrus, terus menyanyikan lagu-lagu sedih sampai dimakamkan di pulau Lesbos, sedangkan kecapi itu dibawa ke langit oleh para dewa dan dewi dan ditempatkan di antara bintang-bintang.

Sesuai legendanya, Orpheus adalah dewa musisi dalam keaksaraan dan dongeng.

No comments:

Post a Comment